Blog Traveling

Ambon Manise

Ambon

Ambon

Kalo ada yang  nanya “kemana aja, cha?” maka saya juga akan dengan ikhlas menjawab panjang lebar. Rite, listen up..

Hari ini saya baru aja tiba dari Ambon, kota di Maluku yang paling terkenal di Indonesia di awal abad ke 20 karena menjadi tujuan pelayaran negara Spanyol dan Portugis. Meskipun cuman seminggu tapi saya bener-bener puas di Ambon. Ekspresi pertama sih serem aja ngeliat di kota Ambon masih banyak puing-puing bangunan yang hancur. Belum lagi  gedung-gedung tinggi yg sepertinya gak luput dari deretan lubang bekas peluru. Iya, bekas lubang-lubangnya masih di situ dan banyak banget. Kebayang bagaimana mencekamnya peristiwa di Ambon waktu itu.

Tapi lama-lama rasanya asik juga. Kotanya rame, orang-orangnya seru, makanannya enak terus pemandangan alamnya juga bagus. Pantai dan wisata bawah lautnya luar biasa. Sayang saya cuma bisa ngintip doang. I swear I’m gonna be a diver someday. Gak salah deh ungkapan Ambon Manise yang udah jadi slogan, Ambon emang manis dah..

Yang seru nih, sehari sebelum saya berangkat ke Ambon ada berita di tv tentang bom yg meledak mencederai 19 orang. Jadinya saya ke sana dengan penuh was-was. Trus baru dua hari di sana ada lagi kejadian orang iseng nembakin sekolahan. Catat, ORANG ISENG! Deretan jendelanya pada pecah diberondong. Untungnya gak ada korban jiwa. Soalnya tuh orang iseng nembak pas kelas pada bubaran istirahat. Ya kelasnya kosong dong.. Tapi ya seram juga. Diperparah dengan pemandangan hampir di setiap sudut jalan ada tentara seliweran nenteng AK47. Apa lagi tanggal 25 April besok ulang tahun RMS. Wah, bakal seru nih Ambon.

Saya sih yakin suatu saat Ambon bakal jadi daerah tujuan wisata. Mungkin tahun depan atau dua tahun dari sekarang. Atau setidaknya di kunjungan saya berikutnya (siapa gueee..) gak ada lagi horor-hororan kaya gini. Daerahnya cantik poll, eksotis dan yang terpenting aman buat masyarakat dan pengunjung yang datang. Sisa-sisa kerusuhan Ambon ini biar aja jadi masa lalu yang terlupakan. Gak usah rusuh2 lagi, rugi semuanya!

Nah, foto-fotonya belakangan yah klo sempat. Minggu ini rencananya saya lanjut ke Jakarta. Begini terus saya kapan baliknya nih.. Kerjaannya sih beres, tapi kuliah berantakan. Masa mesti terus-terusanan neraktir anaknya dosen makan bak pao lagi biar bapaknya gak galak.

26 Comments

  1. loooooh… berarti kondisi disana masih mengkhawatirkan donk? kok ndak pernah ada liputannya lagi di tv?? apa masih terlena dg berita gempa & tsunami serta kenaikan BBM???

    *yup, itu filmnya independent utk ikutan acara globaltv*

  2. dapet ce nggak Cha ..? 🙂

  3. november lalu aku baru dari sana.. masih banyak tentara kah? waktu itu setiap 10 meter, ada pasukan tentara.. kesannya serem aja.. semua membawa senjata laras panjang.. ambon yang mestinya indah dengan pemandangan pantainya, tapi ditutupi oleh rumah2 panggung para pengungsi dari sulawesi….. wish aku bisa kembali lagi ke Ambon…

    ‘lam kenal, anyway… 🙂

  4. waks..ambon ya… kok gw takut aja ya mo kesana.. nggak pernah ngebayangin…

  5. uchaaaaa..
    ikut” jalan” donkkkk.. mau bakpaw juga.. 😛

  6. Cha, bawain oleh-oleh pisang ambon yah?! hehehe ;p

  7. welkam bek!
    btw cha makasih banget yaaa =)

  8. ke ambon??? ih ngeri. Ke jakarta???? ituttttttttttt, btw. ole2nya donk :p

  9. oi..lam kenal ya cha..
    ambon tu miamina indonesia lho 😛
    view na bagus *dulu sebelum krusuan*
    tampilin dunx poto potona..ok

  10. heheh senengnya yg jalan2 kesana kemari hihihi… aku lg buntu inspirasi nih cha, gimana ya?
    btw, examku baru mei koq hihihi…

  11. alo Cha… kok kamu gak pasang shoutbox sih… kan jd nggak bisa towel-towel langusng..hehehee

  12. ambon gimana kabarnya???????
    nga ada kerusuhan lagi khan!!!!
    ni kota yang satu ini adalah tempat kelahiran ku tercinta, walau pernah gw kene kerusuhan disana.
    gw doain moga nga ada konflik yang muncul lagi.
    semoga ambon selalu damai

    pish buat ambon manizeeeeeeeeeeeeee

  13. nathasha

    how is ambon? gw dulu tnggl disana ,tpi pas rusuh pindah keAustralia_niech skrng libur kesono tiap december-january..biarpun ambon masih kacau dikit tpi ttp tempat yg plaing gw sayangi..kalo ada org ambon yg mw tanya ttg keadaan ambon ato o sekedar ngomong aje email gw di sw33t_shortey6t9r@hotmail.com aja yach
    peace

  14. ambon kini udah kebih tenang kok, semuanya aman-aman aja
    jadi yang pengen datang boleh aja kok
    eh lo tau ngak sih bulan kemarin band-band ibu kota datang tuk konser di ambon itu buktinya ambon udah aman

  15. oh iya aku masih tinggal di ambon
    jadi kalau pengen tau lebih jauh tentang ambon
    nanyanya di e-mail aku aja (fals19@yahoo.com

  16. ambon???
    i grew up there…
    gw rindu banget mo ksana…..
    gw rindu bandaranya(lha koq???)
    bandara itu tempat gw maen2 dulu,waktu masih cuilik (mainnya koq d bandara??!!)
    sring juga maen d bandara……di gedung yang ada di sebelah kiri lo…(g usah nyari di foto..gada!!)
    yup…
    yup..
    gw sering disana……
    (gw mantan cleaning service!!hahahahahaahaha…kidding!!)
    pokonya gw sering ksana…trus klu tiba di bandara langsung pada banyak lagi yg knl gw (gw bukan artis!!!!biassa dong!!)hehehe

  17. chochola_chan@yahoo.com

    aku kangen ma ambonnnnnnnn!!!!!!! bgt nih aku kangen ma pantai liang ada yg dah pernah ksn ga?
    aku kangen ma ikan bakarnya gmn kbr ambon skarang ? gmn cewek2 dsn?
    manis2 kan ?!!!!!!!!! gmn ma ampalz tempat tongkrongan aku klo mlm minggu wahhhhhhhhhhh kangeeeeeeeeennnnnnnnnnn
    dah lam aku ga pulang salam kenal bwt anak2 ambon manise
    dr aku sarah kalo mo tau tentang ambon hubungi aku aja

  18. ambon
    seng ada kata yang pantas for ini kota maniseeeeeee,ya dia pung orang,pung makan samua enak,jang lupa pi ambon apalai dia pantai.gila keren abisssssssss

  19. Ambon manise…..orang2x juga manis2….kalau ke ambon aku happy banget kalau ke natsepa beach……
    Q lg nyari teman nich yang tinggal di ambon coz bulan depan mo ngadain kunjungan ke sana…..he3x

  20. aku tuh masih netap di ambon, belajar untuk hidup, hidup untuk belajar, dan belajar hidup di kota ambon

  21. ambon manise…
    memang itu julukan yang pantas untuk kota ambon…
    orangnya ramah n welcome…tempat wisata yang inadah n makanan yang enakkkk
    pokoknya gak nyesel dech

  22. ambon?????????kesan bwt w apa y??????????tempat yang indah

  23. hallo kota ambon apakah baik2 ja

  24. huuuuu….. seneng ya bs jlN2 ke AmboN! kapan ya gw bs ksna, jd kepingiN!!!!!… Pst org2Ny jg maniseee… Htny jg g’ya? melalui ne, slm aj decH to Best Friend q dsana. Mga sll bhgia n’ baek2 aj ma kluaga. I miss youuuuuu………………. kdr city

  25. Pingback: Tips Dan Fakta Raja Ampat « tawangmount

  26. I lov in ambon manise…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.