Blog Technology

Buka Engineering Screen di Blackberry

images

Ah, saya sebenarnya susah membuat tulisan serius. Tapi apa boleh buat, demi kepentingan ummat manusia dan kelangsungan hidupnya saya rela berserius-serius kali ini.

Buat anda yang mau menambah kemampuan Blackberry anda, sebaiknya anda mengaktifkan engineering screen. Fitur ini sebenarnya adalah fitur bawaan Blackberry namun dengan alasan yang saya sendiri tidak tau, pihak RIM menyembunyikannya. Beberapa fungsinya antara lain adalah untuk memonitoring jaringan yang sedang dipakai oleh Blackberry anda seperti: kekuatan sinyalnya, kemampuan jaringannya, layanan jaringannya dan lain-lain. Lebih lengkapnya: anda bisa melakukan ping, cell reselection, force handover, GPRS attach/detach, PDP context activation/deactivation dan banyak lagi.

Kalau anda hanya perlu mengetahui jam berapa sekarang, berapa SMS masuk, siapa yang terakhir nelpon atau berapa sisa pulsa, maka lupakan. Anda tidak perlu fitur ini.

Fungsi terbaiknya, sayangnya, adalah anda bisa memilih jaringan 2G, 3G atau 2G/3G. Fitur yang oleh beberapa varian Blackberry (utamanya yang branded seperti AT&T, T-Mobile, Roger dsb) sengaja dilock agar tidak bisa digunakan.

Siap?

Tekan Alt + aA (shift kiri) + H
engineering screen

Voila! akan keluar jendela Help Me seperti gambar di atas yang berisi data Blackberry anda seperti PIN, Application Version, Uptime dan sebagainya. Masukkan data tersebut ke sini.

kode engineering screen anda

Ketikkan kode di atas pada Blackberry anda dengan jendele Help Me masih terbuka. Untuk kode huruf, gunakan huruf kecil. Anda tidak akan melihat apapun di layar Blackberry anda saat mengetikkan kode di atas. Tapi kalau kode yang anda masukkan benar, maka jendela Engineering Screen akan terbuka. Engineering screen ini selanjutnya diakses dengan tombol yang sama seperti mengakses help me dan akan muncul seperti itu selama durasi yang anda pilih saat men-generate kode. Setelah masa validnya habis, silakan men-generate kode baru lagi.

Untuk menggunakan fitur network selection, pilih :
Mobile Network Egineering Screens >PLMN Selection >Enable RATs
Enable RAT_GERAN/RAT UTRAN untuk memilih 2G dan 3G.
Enable RAT_GERAN untuk memilih 2G saja.
Enable RAT_UTRAN untuk memilih 3G saja.

13 Comments

  1. tks sharing ilmunya

  2. Your welcome 😀

  3. koq gak bisa bro……….

  4. yhanks infonya….aku punya BB loh…tapi Beli Bekas..wkwkwkwkkkkk………………

  5. ga punya bebeh.. masih setia kok ma 6760 ku.. hehe

  6. @hardi : gak bisa apanya? sudah ikuti instruksinya kan?

  7. iya… di gw juga gak ngaruh tuh 😐

  8. kalo pake BB Storm gimana yach?

  9. di 8520 gk bsa ya

  10. Pingback: signs of low vitamin d

  11. aku juga ga bisa..udah ngikutin instruksinya..pake huron 8830
    🙁

  12. ronidoloks

    Hi teman2. Saya belum berhasil. Saya sdh ketikkan data yg sdh diminta tapi kode engineering screennya tdk muncul juga. Mohon bantuan dan solusinya ya. Type bb saya Dakota.

  13. I’ll immediately grab your rss as I can not to find your email subscription link or newsletter service.
    Do you’ve any? Please let me understand in order that I could subscribe.
    Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.