Family

Cara Mudah Merebahkan Sapi Qurban

Sapi Qurban

Hari raya Idul Adha identik dengan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban. Tahun ini saya kembali ditunjuk sebagai panitia pelaksanaan qurban di kantor.

Meskipun menjadi panitia, satu hal yang paling susah saya lakukan adalah meyakinkan orang-orang di bagian penyembelihan bahwa proses merebahkan sapi qurban itu sangat mudah. Selain karena orang-orang ini merasa sangat berpengalaman dalam hal jagal-menjagal sapi, mereka juga tidak bisa menerima begitu saja metode merebahkan sapi yang saya sampaikan. Lagipula mereka mungkin berpikir siapa saya bisa merebahkan sapi yang beratnya 2-3 kali berat badan saya yang kecil ini.

Biasanya, petugas jagal ini harus mengeroyok sapi qurban agar bisa dirobohkan. umumnya ini dilakukan oleh 3-4 orang yang kuat-kuat. Mereka akan berjuang mengikat kaki sapi yang tentu saja memakan waktu dan tenaga. Tentu saja sapi kurban akan resistif dan melawan ketika diperlakukan tidak nyaman. Tidak sedikit juga petugas yang cidera dalam proses merobohkan sapi ini apalagi kalau sapi kurbannya sampai puluhan.

Sapi Qurban

Padahal sapi qurban juga harus diperlakukan dengan baik termasuk cara merebahkannya. proses sembelihnya dibuat seringkas dan semudah mungkin. Dan kalau mengerti metodenya, proses ini sangat mudah. Saya lebih memilih kata ‘merebahkan’ dibanding ‘merobohkan’. Dan saya bisa melakukannya sendirian dibantu satu orang saja. Eh, itu bukan sendirian ya..

Cara Merebahkan Sapi Qurban

Caranya adalah dengan membuat simpul tali yang dilingkarkan pada badan sapi qurban. Satu simpul tepat di belakang kaki depan dan satu lagi tepat di depan kaki belakang. Ujung tali yang tersisa tinggal ditarik ke belakang. Sementara tali kekang bisa dipegang petugas kedua atau cukup diikat pada tonggak atau benda lain agar sapi tetap ditempat saat tali yang lain ditarik ke belakang.

Nah ini saya coba performing cara merebahkan sapi qurban dengan mudah:

8 Comments

  1. Ngeri kalau liat penjagal itu merobohkan sapi2… kroyokan. bahkan pernah ada kejadian jempol salah satu penjagal putus gara2 terbelit tambang saat sapinya jadi ngamuk saat dirobohkan, eh direbahkan.

    Video cara merebahkan sapinya bagus. mudah sekali merebahkan sapinya. perlu di tonton oleh para penjagal sepertinya.

    Bolehkah minta copy videonya dikirim ke email? dan ijin share di blog saya?

  2. Videonya silakan dishare.. semakin banyak orang tau semakin bagus. Semoga bermanfaat.

  3. weeeew baru tau ada cara seperti ini
    kok bisa tumbang ya?
    apa karena tali menjepit perutnya?

  4. Ini postingan bermanfaat sekali. Maybe tahun depan pas Idul Adha (karena saya bacanya sudah lewat hari raya) bisa dikopi untuk teman-teman di Ende, atau kakak-kakak di Ende hehehehe…

  5. Iya kakak Tuteh. Harapannya sih metode ini semakin tersosialisasi. Semangat berbagi!

  6. ada juga cara membuat kambing kurban tidak berontak saat mau disembelih, btw tq dah mampir 🙂

  7. Pingback: Cara Mudah Merebahkan Sapi Qurban Yang Ingin Disembelih | Catatan KecilkuBlog Catcilku

  8. Ada lembaga yang menyediakan sapi qurban dan kambing yang membantu pelaksanaan qurban seperti http://www.globalqurban.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.