Blog Family

Kehangatan Makan Malam Bersama

makan malam

Makan malam pada beberapa budaya, menjadi bagian rutinitas yang sangat penting. Pada momen makan malam itulah berkumpul seluruh keluarga dalam satu rumah untuk makan bersama sambil menjaga keakraban. Umumnya makan malam diadakan ketika matahari baru saja terbenam seperti yang kita pahami di Indonesia. Namun di beberapa tempat di Eropa, makan malam diadakan beberapa saat sebelum malam.

makan malam

Makan malam bersama mungkin tidak populer di Indonesia. Tidak lebih dari sekedar kebutuhan harian saja. Tidak ada waktu yang benar-benar disisihkan untuk menyempatkan makan malam bersama. Yang penting bisa menghilangkan lapar, maka itulah makan malam.

Entah dari mana budaya makan malam bersama ini berasal. Namun melihat tujuan dan manfaatnya, saya akhirnya menerapkan kebiasaan makam malam bersama pada keluarga kecil saya di rumah. Makan malam bersama menjadi aktifitas penting yang akhirnya menjadi perhatian kami sekeluarga. Kami memberi standar khusus untuk rutinitas kecil ini agar bisa menjadi hal yang istimewa.

  1. Dilakukan di rumah atau tempat yang sudah diatur.
  2. Pada waktu yang disepakati.
  3. Dilakukan oleh seluruh anggota keluarga.

Makan malam kami memang lebih sering di atas lantai beralas tikar, karena secara literal kami memang tidak punya meja makan. Di sana akan duduk saya, istri dan anak-anak. Tidak ada formalitas dan kekakuan di dalamnya. Kami bahkan tidak pernah belajar table-manner. Yang kami lakukan hanya duduk dan makan sambil menertawai kekacauan yang ditimbulkan si kecil Shofy dan Syifa yang bertengkar berebut sesuatu. Sesekali saya akan bercerita tentang kebodohan saya seharian di kantor, atau mendengar keberhasilan istri saya menawar dua ikat sayur dengan harga murah tadi pagi. Tidak ada menu khusus. Apapun yang ada, itulah menu makan malam istimewa kami. Istimewa karena selalu akan ada kami di sana.

Momen makan malam bersama ini seakan menjadi bagian kehidupan kami. Ada kehangatan dan keakraban di dalamnya. Ada momen saling melepas rindu pada seluruh anggota keluarga. Saya bahkan bisa memperhatikan perubahan yang terjadi pada tiap anggota keluarga hari demi hari. Dan ketika saya tidak bisa makan malam bersama keluarga karena ada keperluan lain, selalu terasa ada yang kurang hari itu.

Lupakan mitos bahwa makan malam akan membuat anda gemuk. Faktanya, jangankan makan malam, saya tetap tidak berhasil menaikkan berat badan bahkan setelah ikut program gain mass seminggu tiga kali. Lagi pula kuantitas makan malam bisa diatur. Yang terpenting adalah tidak kehilangan momen makan malam bersama. Ada kondisi saling menguntungkan di sana.

Saya mungkin akan berpikir untuk membeli satu set meja makan murah meriah suatu saat nanti.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.