Kok Mompa Ban Gitu, Bang?

ban-kempes

Kenapa ya tiap kali saya mompa ban di pinggir jalan, di tempat si abang biasanya nongkrong dengan kompressornya, selain diukur pake tire pressure gauge juga dikasi ludah.

Iya, DIKASI LUDAH, sodara-sodara !

Kalau saya nanya “Bang, kok dikasi ludah?” jawabnya selalu “buat ngecek bocor apa nggak.”

Buat ngecek bocor? oke bisa diterima. Karena dengan adanya gelembung ludah (sumpah gak enak banget nih nulis gelembung ludah. Dari pada saya nulis ‘cairan iler’?) bisa ketahuan ada angin yang keluar dari pentil apa tidak. Meskipun jawabannya masih tidak bisa diiyakan oleh akal sehat saya. Lha gimana mau ngecek? begitu habis nambah angin, dikasi ludah, langsung ditutup pentilnya, yang mana ketiganya dieksekusi dalam durasi yang sangat cepat. Kapan ngecek bocornya? Apa itu udah jadi ritual mompa ban?

Saya jadi mikir, mungkin perlu diadakan penelitian tentang apakah zat yang terkandung dalam iler bisa membantu pentil ban bekerja lebih pakem dan menghindari kebocoran tingkat lanjut.

Ah, aja-aja ada..

15 comments Add yours
  1. Kayaknya ada wajah baru nieh…., cakepp πŸ™‚
    kalo pentilnya dikasih roti.. malah gak ketahuan sama sekali bocornya kali..:D
    tapi kalo emak-emak, pake kendaraan biasanya gak perhatikan yang begituan, Kalo ban kempes, biasanya dibetulkannya pake HP atau lambaian tangan… maksudnya telepon sama orang terdekat atau minta tolong orang….kan beresss πŸ˜€ (biar penderitaan dibagi gitu.. ..:D)

  2. Sepanjang yang saya alami emang begitu cara ngecek kebocorannya, karena praktis. Kalo ambil air, kan si-abangnya mesti ke bak penampungan air dulu.
    Salam kenal. Kutunggu di blog aku.

  3. Memang seperti itu ritual yang dilakukan tukang tambal ban. Buat mereka yang ‘apik’ biasanya ga langsung ditutup tapi dilihat dulu sebentar. Banyaknya sih memang karena merasa sudah ‘berpengalaman’ akhirnya ritual seperti itu cuma sekedar dilakukan tanpa bener-bener di-cek.

  4. Hai …. salam kenal saya Michael Siregar di Antwerp Belgia …. terima kasih telah berkunjung di Blog saya …

    Kayaknya standard operational mereka para penambal Ban begitu ya … he..he..he…
    Salam dari jauh….

  5. setau ku Cha, kalo ludah basi bisa buat ngobatin luka
    siapa tau ludah tukang tambal ban bisa jg utk mengobati lukanya ban πŸ˜€

    btw, kalo ke jkt kabar kabari cha biar nanti istrinya kuracuni merenda πŸ˜€

  6. Huakakakakakak…… πŸ˜€

    Sekalian aja ditelitinya sama tingkat Bau dari gelembung Iler itu berpengaruh terhadap tingkat kemungkinan kerusakan atas pentil suatu roda .. Hahahahhaha… dah tuh segera diteliti saja biar dijadikan Disertasi Huakakakakakakak… πŸ™‚

    Salam Bro πŸ™‚
    Ada2 aja nich Lucu dan menarix postinganya πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.