Blog

Kok Mompa Ban Gitu, Bang?

ban-kempes

ban-kempes

Kenapa ya tiap kali saya mompa ban di pinggir jalan, di tempat si abang biasanya nongkrong dengan kompressornya, selain diukur pake tire pressure gauge juga dikasi ludah.

Iya, DIKASI LUDAH, sodara-sodara !

Kalau saya nanya “Bang, kok dikasi ludah?” jawabnya selalu “buat ngecek bocor apa nggak.”

Buat ngecek bocor? oke bisa diterima. Karena dengan adanya gelembung ludah (sumpah gak enak banget nih nulis gelembung ludah. Dari pada saya nulis ‘cairan iler’?) bisa ketahuan ada angin yang keluar dari pentil apa tidak. Meskipun jawabannya masih tidak bisa diiyakan oleh akal sehat saya. Lha gimana mau ngecek? begitu habis nambah angin, dikasi ludah, langsung ditutup pentilnya, yang mana ketiganya dieksekusi dalam durasi yang sangat cepat. Kapan ngecek bocornya? Apa itu udah jadi ritual mompa ban?

Saya jadi mikir, mungkin perlu diadakan penelitian tentang apakah zat yang terkandung dalam iler bisa membantu pentil ban bekerja lebih pakem dan menghindari kebocoran tingkat lanjut.

Ah, aja-aja ada..

15 Comments

  1. Kayaknya ada wajah baru nieh…., cakepp πŸ™‚
    kalo pentilnya dikasih roti.. malah gak ketahuan sama sekali bocornya kali..:D
    tapi kalo emak-emak, pake kendaraan biasanya gak perhatikan yang begituan, Kalo ban kempes, biasanya dibetulkannya pake HP atau lambaian tangan… maksudnya telepon sama orang terdekat atau minta tolong orang….kan beresss πŸ˜€ (biar penderitaan dibagi gitu.. ..:D)

  2. owh lg mbahas iler toh.. hehe
    oondotcom

    kya na itu bonus dech hehehe..

    ^kunjungan balik^

  3. Sepanjang yang saya alami emang begitu cara ngecek kebocorannya, karena praktis. Kalo ambil air, kan si-abangnya mesti ke bak penampungan air dulu.
    Salam kenal. Kutunggu di blog aku.

  4. Emang begitu ritualnya, ga’ usah protes. *tukang tambal mode on*

  5. coba di suruh pake aibon, dijamin gak bakalan bocor and gak bisa dipompa lagi… ha…ha…:D

  6. Memang seperti itu ritual yang dilakukan tukang tambal ban. Buat mereka yang ‘apik’ biasanya ga langsung ditutup tapi dilihat dulu sebentar. Banyaknya sih memang karena merasa sudah ‘berpengalaman’ akhirnya ritual seperti itu cuma sekedar dilakukan tanpa bener-bener di-cek.

  7. lho.. bagus diludahin tha ? daripada pake pipis ? :-”

    hehehe..
    salam kenal πŸ™‚

  8. loh..

    gag mungkin kan pake ingus?

    ntar jadi balon-ku ada ingus, door!

    hahaha!

  9. HAHAHAHA…

    eh btw, themesnyah ganti, knapah?.. yg kemaren bagus loh..

  10. Hai …. salam kenal saya Michael Siregar di Antwerp Belgia …. terima kasih telah berkunjung di Blog saya …

    Kayaknya standard operational mereka para penambal Ban begitu ya … he..he..he…
    Salam dari jauh….

  11. Syukurnya yang perlu dicek bocor engganya ban ya, yang letaknya di bawah, coba kalo di stang….

  12. setau ku Cha, kalo ludah basi bisa buat ngobatin luka
    siapa tau ludah tukang tambal ban bisa jg utk mengobati lukanya ban πŸ˜€

    btw, kalo ke jkt kabar kabari cha biar nanti istrinya kuracuni merenda πŸ˜€

  13. zat yang terkadnung iler yaitu enzim ptialin yang merubah karbohidrat menjadi sukrosa >> ga nyambung sama ban karet yah

  14. makanya jangan meludah sembarangan, sayang tu ludah, multi fungsi kahn…

    hehehehhe πŸ˜›

  15. Huakakakakakak…… πŸ˜€

    Sekalian aja ditelitinya sama tingkat Bau dari gelembung Iler itu berpengaruh terhadap tingkat kemungkinan kerusakan atas pentil suatu roda .. Hahahahhaha… dah tuh segera diteliti saja biar dijadikan Disertasi Huakakakakakakak… πŸ™‚

    Salam Bro πŸ™‚
    Ada2 aja nich Lucu dan menarix postinganya πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.