Diving Traveling

Raja Ampat dan Fakta Uniknya

Raja Ampat Indonesia

Raja Ampat Indonesia

 

Raja Ampat, tempat tujuan wisata yang terkenal dengan pesona bawah lautnya. Bukan hanya di Indonesia, Raja Ampat island bahkan sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara terutama di kalangan penyelam.

Banyak yang penasaran sehebat apa Raja Ampat sebenarnya hingga banyak yang sangat tertarik berkunjung ke sana. Buat yang belum pernah ke sana, maka penggambaran melalui tulisan tentu tidak akan cukup mewakili. Berikut ini beberapa fakta yang perlu anda ketahui mengenai Raja Ampat.

  1. Raja Ampat adalah gugus pulau-pulau yang terletak di ujung utara “kepala burung” pulau Papua, Indonesia. Tepatnya di Sorong, Papua Barat. Untuk ke sana, anda tentunya harus ke Sorong dahulu. Baru kemudian melanjutkan perjalanan dengan kapal sejauh kira-kira 70 km ke kepulauan Raja Ampat.
  2. Nama Raja Ampat diambil dari cerita lokal mengenai empat kerajaan yang membentuk gugusan pulau. Kerajaan tersebut adalah Waigeo, Misool, Salawati, and Batanta.
  3. Di Misool terdapat peninggalan prasejarah berupa lukisan purba di bebatuan karang.
  4. Raja Ampat biasanya selalu masuk dalam daftar 10 tempat penyelaman populer bagi para penyelam di seluruh dunia.
  5. Di dasar laut kepulauan pantai Raja Ampat masih bisa ditemukan beberapa peninggalan bekas perang. Diantaranya mesin perang, kapal dan pesawat terbang bekas perang dunia II. Dekat pulau Wai di kedalaman 27 meter anda bisa menemukan rongsokan pesawat P40 bekas milik sekutu.
  6. Diving Spot di Raja Ampat terkenal unik dan sangat spesial. Ada Manta point, Mike’s point, shark point dan spot lain yang sama luar biasanya. Khusus Manta point, anda bisa dengan mudahnya menemukan Manta dengan diameter 9 m hilir mudik di sekitar anda.

Raja Ampat

 

Berikut tips yang perlu anda ketahui sebelum merencanakan dive trip ke Raja Ampat :

  1. Siapkan dana yang cukup. Penerbangan ke Sorong tersedia setiap hari via Makassar. Harga tiket berkisar antara 2,5 juta sampai 4 juta pulang pergi Jakarta-Sorong.
  2. Usahakan berangkat dengan rombongan. Ini bisa menekan budget. Selain bisa patungan, juga bisa saling membantu saat dibutuhkan.
  3. Pilih dive operator yang punya reputasi baik di kawasan ini.
  4. Ada dua cara penginapan; di darat atau di laut (liveaboard). Saya menyarankan menginap di darat di salah satu pulau2nya.
  5. Menginap tidak perlu di resort. Banyak wisma milik Pemerintah daerah yang jauh lebih murah.
  6. Kalau mau praktis dan lebih mudah, ada banyak jasa divetrip ke Raja Ampat dari Sorong. Sudah termasuk penginapan, makan, dive, alat selam, dive master dengan harga antara Rp 5 sampai 8 juta rupiah.

Nah, selamat berlibur ke Raja Ampat.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.