Blog

Weblog Saya Hampir Mati

wordpress error

wordpress errorGara-gara mau upgrade wordpress, jadinya saya sendiri yang kelabakan merestore database. Karena mau gampang, saya memilih menggunakan fasilitas fantastico ketimbang harus mereplace manual file-file ke hostingan. Dan karena versi databasenya beda, saya akhirnya mendrop semua databasenya tentunya setelah sebelumnya dibackup dulu. Begitu wordpress sukses saya upgrade, nah lo.. databasenya tidak bisa saya restore. Jadilah weblog saya kosong plong dan seperti baru lagi. Artinya postingan saya sejak 2004 hilang. TIDAAAAKKKK!!!

That was close! Saya mutusin membuat server mySQL di kompi, masukin database backup dan membuat weblog di localhost. Tabel bekas backup saya eksport satu-satu dan saya dumping ke hostingan. Alhamdulillah jadi lagi.

Iya sih, ini cuma weblog. Isinya hanya tulisan-tulisan yang sebenarnya tidak bisa dikatakan 100% valid. Gak ada validitas, suka-suka saya. Tapi sedikit banyaknya tetap saja weblog jadi catatan harian saya, meskipun faktanya saya tidak menulis tiap hari. Beberapa bulan belakangan bahkan hanya sekali sebulan. Tapi untuk kehilangan tulisan tentang kejadian-kejadian seru sepanjang 3 tahun terakhir, I don’t think so.

Who’s blogger, anyway? Orang yang punya website, baik hostingan gratis atau premium, numpang pada website orang lain atau punya domain sendiri yang digunakan untuk menulis. Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (sumber: Wikipedia)

Salah seorang pejabat tinggi di salah satu negara anggota Asean pernah memberi komentar kurang enak tentang weblog. Bahwa weblog bisa menjadi alat untuk merusak reputasi seseorang dan menjadi kendaraan politik yang tidak sehat. Komentar saya, kalau memang tujuannya merusak reputasi kenapa harus dengan weblog. Saya sendiri bisa merusak reputasi orang lain dengan SMS mungkin, atau bunga bangkai? tidak harus weblog. Dan saran saya untuk beliau: pertama, coba lihat sisi positif dari blogging. Bahwa saya punya teman dari hampir seluruh Indonesia bahkan Amsterdam, Bergen, London atau Jerman adalah karena blogging. Bahwa saya bisa suatu saat menjadi penulis, di mana reputasi seorang penulis sering ditempatkan di tempat terhormat karena kemampuannya menuangkan isi pikiran menjadi tulisan, diawali dari blogging. Kedua, kalau memang ada kesempatan, tidak ada salahnya kalau beliau coba tuliskan dalam satu halaman blog kejadian menarik yang pernah terjadi dalam satu hari. Setelah itu saya tidak akan berkomentar apa-apa bila selanjutnya beliau menjadi blogger juga.

11 Comments

  1. haha..
    ya benar, sama kasusnya dengan saya, saya coba upgrade ke versi 2.1.x tapi ternyata databasenya berbeda. Walhasil jadilah error. Tapi untungnyasudah saya export database nya. Namun sampai saat ini saya blum berhasil merestore kembali πŸ™

    Huf..

  2. uchaaa dah pulaaanggg mana ole2????huwaaa si uchaaa…kata miaw lagi di makasar ato dah di manado??eh apa id YM!?
    deuhh hikz lagi tatit niyhh

  3. beuh, cha… kaga ngarti dah…
    pokoknya syukur dah archives selamat…

    hidup ngeblog!

    btw, pa kabar nih?

  4. untung waktu itu gw sempet bc postingan zam yg kejadiannya sama soal database jadi pasti upgrade ngga masalah πŸ˜€

    weblog mati ora mati tetep aja ngga ngaruh… gw tetep ngeblog.

  5. yah untungnlah masih selamet
    database ku di chocoluv.elzan.com selama 2003-2005 ilang tak terselamatkan

    sampe skrg kadang masih kangen, pengin baca2 lagi T_T

  6. hihi..komennya si org malay itu yah πŸ˜›

    tapi emang sih banyak oknum blogger juga yg postingannya buat jelek2in orang. tapi hari giniii, mana bisa aktivitas di internet dilarang .

    Jaga diri aja baek2x , dan jaga perasaan orang lain, mulut ibarat pisau, sama juga dengan tulisan. eh malah lebih parah tulisan sih, karena ada buktinya, bisa tuh maen tuntut2an ^^

  7. whuaa… nyaris aja ilang, padahal sapa tau ntar postingan2 lawas dibukukan πŸ˜€

  8. syukurlahhhh blognya tidak hilang πŸ™‚ aku turut lega dan senang…
    kabarku baek, cha, kamu sendiri? btw, kamu kan di jkt yah? kamu aja jadi pj-nya novel kita, gimana gimana? dah nemu judul yg tepat utk ganti itu? *mumet*

  9. nice spirit… πŸ™‚

  10. syukurlah bisa terselamatkan..
    pasti banyak kenangan disitu.. yakan?
    Yah…kadang-kadang otak kita tak mampu menampung sedemikian banyak kejadian
    kadang2 beberapa kejadian akan terlupakan begitu saja
    dengan adanya blog kan bisa di buka kapan aja
    bahkan bertahun2 ke depan

    Hidup ngeblog..
    btw lamaka nda berkunjung.. dimakassar ki? apa kabar ta??

  11. waaah..pantesan kmrn deen maen ke sini, nge-blank gtu..Syukurlah klo dah well lagi πŸ™‚
    Keep Blogging Cha..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.